Header Ads

Baru 6 Propinsi Siap Laksanakan UNBK




Jakarta - Kabalitbang Kemdikbud Totok Suprayitno saat Rembuknas Kemdikbud menjelaskan baru 6 Propinsi yang siap mengikuti Ujian Nasional Berbasis komputer (UNBK) tingkat SMA/SMK pada 2-5 April 2018.

"Tahun ini, kebijakan UN relatif sama. Tapi jumlah (peserta) meningkat, tahun ini sekitar 8 juta. Pendataan masih berlanjut dan sudah mendapat laporan 75,55 persen siap UNBK," kata Totok di Pusdiklat Kemdikbud, Sawangan, Depok Selasa (06/02/2018).

Totok berharap ada propinsi lain yang siap melaksanakan UNBK meski tidak memaksakan dan tetap mencari solusi agar pelaksanaan UNBK berlangsung sukses. Sedangkan metode UN jenjang SMA/SMK ada isian singkat.

"Tahun lalu soal pilihan ganda semua. Tahun ini, untuk Matematika ada 10 persen soal isian. Kami jelaskan untuk jenjang SMA/SMK  bukan esai tapi isian singkat. Aturan ini berlaku di semua jenjang," paparnya.

Totok menambahkan mata pelajaran yang diujikan matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris ditambah mapel khas jurusan. "Kami harapan pertengahan Mei semua proses ujian selesai. Kepala dinas pendidikan menjadi pengawas keseluruhan. Makanya perannya lebih berat dibandingkan sebelumnya."

(Sumber: krjogja.com)


Tidak ada komentar